Kamis, 19 Juli 2012

Paket untuk Warga dan Pemulung Bantargebang

Bekasi - Sebanyak 1.000 paket bahan makanan dibagikan untuk warga dan pemulung TPST Bantargebang, Kota Bekasi, Rabu (18/7/2012).

Dewan Daerah Walhi DKI Jakarta sekaligus pendamping warga dan pemulung, Bagong Suyoto, mengatakan, paket yang dibagikan terdiri atas beras 10 kilogram, sarden 7 kaleng, dan minyak goreng 1 kilogram dalam kemasan.

Menurut Bagong, warga dan pemulung yang mendapatkan paket itu adalah binaan sekolah Al Muhajirin, yang didirikan secara swadaya di RT 1 RW 5 Ciketing Udik, Bantargebang, atau berbatasan dengan lokasi TPST.

Bagong mengatakan, pembelian paket bahan makanan itu didanai oleh Al Imdaad Foundation, suatu lembaga amil zakat, yang memiliki jaringan ke mancanegara.

"Acara rutin setiap tahun untuk sekadar membantu warga dan keluarga pemulung menjelang bulan Ramadan," kata Bagong yang juga anggota Dewan Pembina Al Muhajirin.

Warga dan keluarga pemulung, lanjut Bagong, perlu dibantu karena secara ekonomi kurang mampu. Penghasilan dari mengais sampah rata-rata Rp 40.000 sampai Rp 50.000.

Sebenarnya, penghasilan itu cukup. Namun, kata Bagong, akibat pengelolaan tidak baik, penghasilan itu menjadi tidak cukup untuk membiayai kebutuhan keluarga. "Ada pembelian barang atau konsumsi yang sebenarnya tidak diperlukan," katanya.

KOMPAS.com