Minggu, 25 September 2011

203 Pemulung di Bandung Ikut Pengobatan Gratis

Bandung - Sebanyak 203 pemulung mengikuti cek kesehatan dan pengobatan gratis yang digelar Yayasan Kontak Indonesia dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat (JKPM) Surya Sumirat, di kawasan Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Minggu (25/9/2011).

"Tujuan acara yang rutin digelar 2 kali dalam setahun tersebut, untuk memerhatikan kesehatan para pemulung yang ada di Kota Bandung, dari tahun 2006 program ini telah digelar, telah terdata ada 800 pemulung yang masuk dalam data kami," tutur Direktur Program Yayasan Kontak Indonesia Endy Sulistiawan.

Pengobatan gratis tersebut diprioritaskan kepada para pemulung karena mereka mempunyai KTP Kota Bandung, berpindah-pindah tempat tinggal, dan berdekatan dengan penyakit.

"Rata-rata saat pengobatan dan cek kesehatan mereka mengidap infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Meski diberikan secara gratis, banyak yang tidak mau memeriksakan diri. Sekarang saja dari 300 orang yang terdata hanya 203 orang yang ikut untuk di cek kesehatannya," imbuhnya.

Selain pengobatan dan cek gratis, pihaknya seringkali melakukan penyuluhan terkait masalah keamanan dan kesehatan kerja di tempat pembuangan sampah (TPS).

"Kami sering memberikan penyuluhan dan juga peralatan untuk menjaga kesehatan dan keamanan mereka seperti sepatu bot, tetapi tetap saja tidak digunakan," ucapnya.

INILAH.COM