Selasa, 20 Desember 2011

Sukarno, Sang Pemulung Kreatif

Solo - Namanya Sukarno. tinggal di rumah susun yang selanjutnya dinamakan flat Jurug, Solo. Pria yang kerap disapa dengan Mas Karno ini adalah seorang pemulung yang cacat kakinya.

Mas Karno adalah seorang seniman yang gigih, pantang menyerah dan kreatif. Dari barang-barang bekas yang dipungutnya, Mas Karno mampu menyulapnya menjadi sebuah kerajinan yang indah, fungsional dan mempunyai nilai jual.

Selain membuat kerajinan dari barang-barang bekas, Mas Karno juga melakukan bisnis kecil-kecilan seperti menjual es batu, tabung gas 3 kg-an dan pengisian pulsa, untuik menopang kehidupannya sehari-hari.

Kemanapun pergi, selalu menaiki sepeda motor yang sudah dimodifikasinya menjadi beroda tiga. Kendati sesungguhnya Mas Karno ingin mengendarai layaknya sepeda motor yang beroda dua. Tetapi saudaranya tidak mengijinkankannya, karena alasan keamanan.

Dan satu hal lagi yang membanggakan adalah Iis Susilowati, istrinya yang meskipun memliliki cacat tubuh seperti dirinya, namun tetap bersemangat sebagai atlet bola voli duduk. Bahkan sore kemarin, (Senin, 19/12/2011), ia berhasil meraih medali emas dalam pertandingan voli duduk ASEAN Para Games VI.

sumber : paragames-2011.com