Selasa, 10 Januari 2012

BLH Gandeng Pemulung Atasi Masalah Kebersihan

Kapuas - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng) akan menggandeng pemulung sebagai upaya mengatasi masalah kebersihan karena sumber daya manusia yang peduli lingkungan terbatas di daerah itu...

Kepala BLH Kabupaten Kapuas, Lesmiriadi di Kuala Kapuas, kemarin menga­takan, keterlibatan para pemulung tersebut akan bekerja sama dengan Kelompok Peduli Lingkungan yang telah terbentuk.

“Salah satu tugas dari masyarakat peduli lingkungan ini yakni melakukan pemantauan terhadap buangan sampah dibeberapa lokasi yang telah ditentukan,” kata dia.

Hasil laporan monitoring dan evaluasi tahun 2011 menyebutkan bahwa di Kuala Kapuas terdapat sekitar 34.500 meter kubik sampah yang dihasilkan. Dengan produksi sampah yang cukup besar itu, perlu adanya perhatian khusus, baik dari masyarakat maupun pemerintah daerah dalam menangani masalah sampah.

Ia mengatakan keberadaan pemulung yang akan diajak bekerja sama tersebut bertugas mengumpulkan sampah yang kemudian dipisahkan antara sampah basah, kering dan pecah belah yang bernilai ekonomis dan mana yang tidak bernilai.

Jika sampah yang dikumpulkan ada yang tidak bernilai, maka sampah itu akan di tangani masyarakat peduli lingkungan untuk dipilah kembali. “Kalau sampah basah itu bisa dimanfaatkan sebagai kompos, akan dimanfaatkan sebagai kompos sehingga sampah itu memberikan manfaat,” ujarnya. [ borneonews.com ]