Rabu, 07 Maret 2012

Keselamatan Pemulung di TPA Sumur Batu Berbahaya

Bekasi - Runtuhnya gunungan sampah yag berada di zona 1, tempat pembuangan akhir (TPA) sumur batu pada Selasa siang (6/3), harus menjadi perhatian semua pihak, khususnya Pemkot Bekasi. Pasalnya, sewaktu-waktu gunungan sampah akan kembali longsor dan menelan korban jiwa.

Kepala keamanan TPA Sumur Batu, Wawan, Rabu (7/3) menuturkan, sebenar- nya tumpukan sampah dizona 1 sudah sangat tinggi dan tidak memadai lagi. Namun, sejak 5 hari yang lalu zona 1 dibuka kembali.

“Iya baru lima hari yang lalu buang sampah di sana, jadi tumpukan sampahnya belum terlalu padat, kena guyuran hujan jadi longsor,”tuturnya.

Diakui Wawan, selama ini dirinya selalu mengkhawatirkan keselamatan ratusan pemulung yang mengais sampah disekitar gunungan sampah, terlebih tinggi gunungan sampah sudah melampaui kapasitas. Pasalnya, keselamatan ratusan pemulung merupakan salah satu tanggung jawab pihaknya.

“Tiap hari saya muter keliling terus memantaua pemulung. Saya harap kepada pemerintah untuk harus segera merampungkan zona lima, karena zona empat sudah sangat tinggi sekali,”terangnya.

Kepala UPTD TPA Sumur Batu Acep R, mengakui, sejak lima hari yang lalu sampah-sampah di Kota Bekasi untuk sementara dibuang di zona 1, pasalnya gunungan sampah yang berada di zona 4 akan dipadatkan.

Namun, karena tumpukan sampah di zona 1 belum stabil, sekitar 6.500 m3 sampah akhirnnya longsor,”Longsornya tidak banyak,hanya sedikit. Ini sedang dalam perapihan,”kelitnya.

Dikatakan Acep, selama sebulan kedepan, ribuan kubik sampah dari masyarakat Kota Bekasi untuk sementara akan ditempatkan di zona 1, pasalnya gunungan sampah di zona 4 akan dirapikan dan dipadatkan. Menurut Acep, zona 1 yang saat ini memiliki ketinggian 15 meter untuk sementara masih bisa menampung sampah masyarakat Bekasi.

“Saat ini di zona satu masih dirapikan, minggu besok sudah bisa digunakan lagi. Selama zona satu digunakan, zona empat akan dipadatkan. Dengan cara inilah kami menyiasati keterbatasan TPA sumur batu, sambil menunggu pembangunan zoba 5 selesai,”tandasnya.

[ poskotanews.com ]